Belajar Ngeblog Lagi Mohon Bimbinganya Para Suhu Blogger IPAI



Dunia blogging sudah banyak berubah, seiring perkembangan zaman yang ruwet acak kadut. Perubahan ini mungkin berdasar atas keresahan dan kejenuhan. Boleh sepakat atau tidak, dunia maya sudah menjadi dunia pertama bagi manusia.

Menjadi orang jujur pun sekarang ini sudah sangat langka, namun kalo itu bukan kalian. Saya sangat bersyukur, kalian bukanlah bagian dari orang-orang yang hanya mementingkan kebohongan demi sebuah materi.

Sebelumnya, saya boleh cerita sedikit?

Di tahun 2017 ini, saya begitu banyak perubahan. Ada baik dan buruknya, namun tetap Syukur alhamdulillah.

Perubahan itu dibeberapa faktor, akademik – hubungan – keluarga, dll. Namun tak perlu saya ceritakan panjang lebar. Dan mungkin informasi ini tidaklah perlu untuk kalian. Tapi kalo ingin sekedar tahu, silahkan.

Akademik – alhamdulillah di tahun ini 2017, saya telah memperoleh gelar S.Pd. iya, Sarjana Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI UPI Bandung). Tentu saya sangat bersyukur, bila dibandingkan anak-anak tetangga di kampung saya tinggal. Kuliah merupakan hal yang amat langka, dan masih sangat terkesan uwah. Maka kepulangan saya ke kampung adalah hal yang dinanti (mungkin) Dan minimal saya sudah mengangkat sedikit martabat keluarga saya, dengan mau kuliah dan lulus tepat waktu, alhamdulillah [senang BGT].

Hubungan – status single itu mungkin lebih tepatnya, berbeda di tahun 2016 kemaren saya menjalin kasih, justru di tahun 2017 ini saya single [senyum sendiri]. Padahal kalo boleh ya Tuhan kenapa tidak dibalik, tahun 2016 single dan di tahun 2017 doble. Kan pas tuh momennya, pas wisuda disambut keluarga dan calon menantu [hahaha]. Ah, tapi ya sudah mungkin tuhan punya rencana lain.

Keluarga – Innalillahi wa’inna ilahi rojiun, semua orang pasti merasakan kematian tinggal menunggu giliranya saja mau kapan. Semoga diterima disisinya dan diampuni segala dosa Ibuku, dan keluarga disini selalu mendoakanmu mah. Di tahun 2017 ini sungguh saya merasakan guncangan yang luar biasa, ternyata Allah lebih dulu memanggilmu ibuku. Sudah ya kalo diceritakan nanti saya sedih [bergetar]. Saya minta doannya saja untuk almarhum Ibunda Rofiqoh.

Kok saya jadi sedih ya, ya Allah.

Sudah, sudah. Hidup harus tetap dijalani, maju terus pantang mundur. Bahasa kerenya Life Must Go On.

Balik lagi ke pembahasan, sesuai judul di atas.

Saya masih bingung sampai sekarang hu, sebetulnya bagaimana sih dunia blogging itu? Kalo diawal saya mengatakan dunia blogging kini telah berubah, itu mungkin hanya spekulasi saya saja. Atau jangan-jangan saya memang tidak paham tentang dunia blogging.

Saya kira ngeblog itu hanya fokus cari $$$ (earning) seperti yang banyak dilakukan orang-orang di dunia maya. Ternyata tidak sesempit itu, dengan ngeblog ternyata bukan hanya mendatangkan $$ namun juga kebahagiaan.

Seperti contohnya tulisan blog saya ini kalian mau baca, terus mau ngasih komentar, terus mau ngasih masukan demi perbaikan kepenulisan saya. Itu saya sangat bahagia.

Kemaren tanggal 30 Desember 2017 saya bergabung di group whatsaap “Blogger Warga IPAI” yang di dalamnya mengupas seputar dunia blogging. Di group itu ada banyak blogger-blogger senior di IPAI, ada kang Fahmi (fahmini.wordpress.com) kang urlim (jomloo.id) kang gelar (gelarriksa.com) kang irfan ilmy (irfanilmy.tumblr.com) kang jiva (jivaagung.blogspot.co.id) dll.

Dari beliau semua dan temen-temen di group saya mendapatkan insight baru tentang dunia blogging. Saya jadi semangat nulis, dan semoga saja bisa istiqomah. Iya, semoga istiqomah ini yang penting.

Seperti kata kang Irfan yang mengutip Aan Mansyur, “Menulislah sampai kalian kehabisan kata-kata, tapi kalian jangan sampai kehabisan kata-kata! Sesederhana dan sesulit itu”. Kemudian ditambah “Tulisan yang bagus lahir dari sebanyak mungkin tulisan jelek”.

Lanjut kang irfan ilmy menurutnya “blog itu diibaratkan rumah, kalo blog tidak diurus ditakutkan ada makhluk-makhluk penghuni lain. Sama halnya mengurus rumah”.

Ditambah kata kang Fahmi “nikmati proses bloggingnya nanti juga earning mengikuti, inget Konten is King ul”.

Tahun lalu saya juga pernah merasakan momen ini, kala itu saya baca blognya mas sugeng (sugeng.id) dari situ saya juga pernah berkomitmen untuk menulis di blog setiap hari. Boleh diintip postingan saya dahulu (disini) tapi faktanya saya hanya kuat bertahan satu minggu [hehehe]. Setelah itu tumbang lagi. Lamaaaa sampai sekarang tidak pernah posting lagi.

Besar harapan di blog baru ini [maulpetru.blogspot.com] saya bisa terus posting dan isi kontennya sesuai passion saya saja, biar saya bisa menikmati prosesnya, ditambah sekarang ada komunitas blogger ipai. Pasti hawanya panas tuh, kalo liat orang lain posting tulisan baru. Belum lagi kalo para suhu blogger IPAI diatas nyentilan, wah.

Mohon bimbingannya suhu, saya mah newbie pisan.

Dan terakhir saya mau mengucapkan terimakasih kepada temen-temen, dan kakak-kakak tingkat khususnya yang selalu support tentang dunia literasi di IPAI, semoga amal baik kalian dibalas oleh Allah dengan kenikmatan-kenikmatan lain. Amin.

Okeh, dicukupkan sekian.

Terima kasih telah membaca blog sederhana saya. Jangan lupa kasih komentar biar saya semangat, kuy ah.

Salam, Maulpetru.
Happy Blogging to Earning :D

4 Responses to "Belajar Ngeblog Lagi Mohon Bimbinganya Para Suhu Blogger IPAI"

  1. Semoga semesta mengamini niat baik kita bosque.
    Da yang penting mah mulai, dan nyempatin tiap hari.
    Semangat bung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin kang, iyaaa siap kang. Memang memulai itu hal yang sesuatu banget :D semoga bisa sempet terus. Bukan sempit. Hehe

      Delete
  2. Sebelumnya saya turut berduka atas kepergian Ibu mas maul, insya alloh surga balasannya.

    Eniwey postingan pertama yang sangat luar biasa, semoga tetap posting dan posting lagi dan perlahan pundi-pundi rezeki pun akan mengalir.

    Remember you are never ngeblog alone !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kang, atas bela sungkawanya. Amin, amin.

      Hehee, iyaa semoga bisa tetap posting. Bismillah. InsyAllah rezeki mah, ada yang ngatur kang yah.

      Thats right kang. :D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel